Thursday, March 6, 2014

Jangan pakis jawa timur an

Lebaran beberapa tahun yang lalu kami rayakan se keluarga besar di Bondowoso Jawa Timur kampung halaman suami.. Setelah 2 hari berkutat sama lontong opor, sambel goreng dan telor petis akhirnya hari ketiga ganti menu juga.. Om sama tante yang kebagian tugas masak, mereka masak jangan pakis yang bersantan, jangan itu artinya sayur.. Lengkap sama tempe goreng, ikan asin sama sambel terasi.. Nikmat bener rasanya.. Bisa bikin nambah 2 piring kalo ga inget ada 14 kepala lain yang butuh makan juga wkwk..

Pas lagi browsing-browsing liat resep jangan pakis ini seneng banget rasanya.. Pengen cepet-cepet masak tapi sayang lagi susah banget nemuin pakis di pasar.. Akhirnya hari ini si mamang sayur bawain pakis 2 ikat horraaaayyyyy..

Oh ya ini link resep aslinya ya.. http://dapurmasak.com/resep/5381-resep-jangan-pakis-1 
Aku tambahin pete dan cabe yang banyak supaya mirip masakan om, bikin lebih sedep juga.. Buat yang ga suka pete boleh di skip aja..


dimakan bareng sambel sama tempe goreng plus ikan asin lebih nikmat.. Sayang si mamang ga bawa ikan asin tapi ga pa pa sudah puas dengan sambel dan tempe goreng.. Alhamdulillah kakak suka banget dan tambah 2 kali..

Ini dia caranya..

Bahan :
Pakis 2 ikat (direbus di air mendidih dulu), untuk menghilangkan lendirnya rendam dilarutan garam
Bawang merah 6 siung
Bawang putih 2 siung
kemiri 2
pete 1 papan
Laos 2 ruas digeprek
Ketumbar 1 sdt
Merica 1 sdt
Ebi (optional, rendam di air panas trus tiriskan)
Santan encer 500 ml
Terasi secukupnya
Cabe merah besar sesuka hati
Cabe rawit diutuhin
Gula dan garam secukupnya

Cara :
Uleg bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe merah besar, terasi, ketumbar sama merica..

Tumis bumbu yang sudah di uleg sampe harum lalu masukkan laos, ebi sama peteee.. (kalo aku sukanya petenya di goreng dulu baru ditumis).. tuang santan encer dan cabe rawit utuh..

Masukkan pakis, gula dan garam secukupnya.. Masak sampe mendidih, cicipi kalo sudah enak lalu angkat dan sajikan..

Dimakan pake nasi kebul-kebul, cocol sambel sama tempe goreng.. Hmmmmm masakan simple dan murah tapi subhanallah nikmatnya.. Selamat mencoba yaaa

No comments:

Post a Comment