Thursday, February 20, 2014

Organize your budget (Mengatur Keuangan)

Budget.. Budget.. Budget.. Mungkin kata yang terlintas pertama waktu mendengarkan kata "budget" adalah batasan, kekangan, limit.. well let's change our perception.. Budget itu adalah our tool for a better future, untuk mencapai tujuan-tujuan finansial kita.. Perumpamaan sederhana saja, untuk menikmati semangkok mie rebus saja butuh usaha juga bukan.. Begitu pula budgeting butuh usaha dan kedisiplinan but you know what.. It's worth every penny..

Bermula dari membaca artikel dave ramsey tentang envelope system http://www.daveramsey.com/article/dave-ramseys-envelope-system/lifeandmoney_budgeting/ jadi ingat begitu lah cara ibu ku mengatur uangnya, waktu kecil sering banget liat ibu menjejer-jejer amplop di tempat tidur, memasukkan uang hasil jerih payah bapak ke amplop satu per satu sesuai kebutuhannya.. Bahkan sampai sekarang kalo datang berkunjung ke rumah tidak ketinggalan membawa tas pinggangnya yang berisi amplop-amplop uang.. Percaya atau tidak seumur hidupnya baru setahun yang lalu dia buka rekening di bank.. She believes on her envelope so much I guess :D
Setidaknya itu menunjukkan hal kuno belum tentu jelek, envelope system dave ramsey sudah ada sejak jaman kakek nenek kita.. Mereka survive dengan hal tersebut maka kita juga bisa..

Yes, it's not gonna be easy tapi dengan meluangkan waktu maximal sejam hanya sehari setiap bulannya untuk membuat daftar pengeluaran bulanan, memberi label pada amplop masing-masing pengeluaran, mengisinya dengan uang kemudian dengan penuh kedisiplinan menaatinya dalam sebulan.. I think I can do this.. WE CAN DO THIS..

Okay lets start..
Buat daftar pengeluaran bulananmu.. Segala macam tagihan.. Listrik, air, belanja bulanan, makanan, dll.. Setiap orang atau rumah tangga pasti punya kebutuhan berbeda.. Note. Envelope system itu hanya untuk pengeluaran yang dibayar secara cash, sementara untuk pengeluaran yang dibayar secara auto debet atau via online banking seperti tagihan kartu kredit (dalam kasus saya) tidak bisa dimasukkan ke dalam envelope system.. This is my cash budget..

  • Belanja Bulanan (Groceries dan toiletries)
  • Tagihan rumah tangga (Listrik, air dan asuransi)
  • Gas dan aqua galon
  • Gaji Asisten rumah tangga pocokan
  • Pulsa Gadget
  • Bensin dan servis kendaraan
  • Biaya antar jemput
  • Pendidikan anak (biaya pendidikan, buku dan alat tulis, kursus)
  • Entertainment (Makan diluar, bioskop, play ground dll)
  • Pakaian
  • Arisan
  • Makan sehari-hari dan uang jajan anak
  • Cadangan (jaga-jaga misal ada iuran kematian, kelahiran dll)
  • Kebutuhan Pribadi (misal ada yang perlu dibeli seperti loyang, pyrex atau kosmetik xixi)
  • Cicilan emas
Your budget bisa sangat berbeda dengan punya saya.. Yang tidak masuk list dalam cash budget saya adalah biaya internet, TV cable, cicilan-cicilan dan tagihan kartu kredit karena semuanya via banking.. Setelah mendaftar semua jenis pengeluaran saatnya menganggarkan berapa besar dari pendapatan yang kita masukkan ke dalam masing-masing kebutuhan ini

Labeling every envelope.. Untuk jenis pengeluaran seperti groceries atau uang makan tulis setiap amplop dengan jenis pengeluaran dan jika anda menggunakannya tulis juga berapa jumlahnya, untuk apa dan tentu saja sisa saldo yang ada di amplop itu agar dapat menelusuri rekam jejak pengeluaran.. Sementara untuk jenis pengeluaran yang dibayar sekali sebulan seperti gaji ART cukup tulis jenis pengeluarannya saja..




Masukkan uang anda.. Tinggal isi amplop-amplop anda sejumlah yang sudah dianggarkan sebelumnya.. misal menganggarkan Rp. 500.000,- untuk pakaian maka masukkan sejumlah Rp. 500.000,- kedalam amplop.. As simple as that.. 

Sekarang setelah tau caranya, saatnya aturan mainnya..
  • Dave Ramsey says "When it's gone, it's gone".. yang artinyaaaa jika uang di amplop sudah habis bis bis maka you can't spend anymore.. sampai bulan depan saat anda terima gaji lagi.. Walaupun ada uang di ATM anda.. Be discipline
  • Kalo anda pergi berbelanja atau shopping jangan bawa seluruh amplop di tas.. Ini akan membuat kita tergiur untuk over budget.. Bawa amplop yang kita butuhkan saja.. Lalu jika saat berbelanja ternyata jumlahnya lebih dari isi amplop kita jangan tergiur untuk meminjam dari isi amplop lain.. keluarkan beberapa item dari belanjaan anda supaya pas dengan isi amplop anda.. Remember be discipline..
  • Seandainya di akhir bulan terdapat sisa di amplop anda gunakan sesuka hati.. Bisa sebagai fun money (makan diluar, shopping) untuk memberikan penghargaan kepada seluruh keluarga telah mematuhi anggaran sebulan penuh.. atau bisa juga anda tabung.. It's up to you..
  • Jangan lupa dari jumlah semua amplop pengeluaran anda, sisakan minimal 10% untuk menabung di rekening anda (don't spend this!!!)

At the end, semuanya itu proses pembelajaran.. lakukan perlahan dan nikmati setiap prosesnya.. Anda bisa menabung 10,20 atau bahkan 30% semua tergantung kedisiplinan anda.. 
Saya juga baru belajar dan akan memulai sistem ini bulan ini.. Lets start together..


No comments:

Post a Comment