Tuesday, February 18, 2014

Ice Lolly Choco Nut

Satu lagi resep yang tertunda di post.. Bakal kejar setoran nge blog nih foto-foto masakan udah nangkring terlalu banyak di memory card..
Bulan lalu kebetulan ada libur tanggal merah pas imlekan jadi kesempatan mudik ke rumah orang tua.. Tiap ke rumah ortu aku paling seneng nongkrong di depan deretan lemari ibu tempat dia nyimpen segudang peralatan masak dan diningware yang menggoda buat diembat xixi.. Mataku tertuju di satu barang yaitu cetakan es loli alias es batangan.. Setelah minta ijin dulu (mencoba membenarkan tindakan usilku ini) ibu malah mencarikan resep es loli dari buku les masaknya bertahun-tahun yang lalu.. That's why I love my mom so much..

Ini dia penampakan es loli percobaan pertama ku.. Rasanya enak kok dan yang pasti anak-anak suka..

Bahan :
Susu UHT 1000ml
Kuning telor 3 biji
Tepung maizena 3 sdm
Cocoa Powder (coklat bubuk) 2 sdm
Selai Kacang 2 sdm (optional kalo ga suka rasa kacang ya coklat bubuk saja)
Gula pasir 225 gram
Garam 1 sdt

Cara :
3 kuning telor dikocok dulu sambil dikasih susu sedikit supaya nanti kalo dimasak ga menggumpal

3 sdm maizena diencerin sama susu

Larutkan bubuk kakao dengan susu biar tidak mengumpal

Rebus susu dengan gula dan garam aduk-aduk.. Lalu masukkan larutan coklat bubuknya dan larutan kuning telornya aduk-aduk.. Bila sudah hampir mendidih matikan api lalu masukkan larutan maizena aduk-aduk kemudian nyalakan api sampe mendidih..

Setelah mendidih matikan api masukkan selai kacang aduk-aduk dan biarkan.. Setelah dingin masukkan ke cetakan lalu taruh freezer..
Siap disantap sama anak-anak

No comments:

Post a Comment