Monday, July 7, 2014

Kuliner di kota Solo

2 minggu yang lalu waktu liburan kenaikan kelas, saya sama anak-anak pulang kampung ke Solo kota kelahiran ku.. Seperti biasa kita hunting makanan yang sudah dikangenin berbulan-bulan karena ga ada di Purwokerto, tapi kali ini kulinernya ga cukup banyak karena liburan sekolahnya berdekatan sama puasa jadi ya ga bisa terlalu banyak mengunjungi tempat-tempat kuliner di Solo.. Kapan-kapan kalo pulang lagi, aku update lagi post kuliner Solonya ya..

Solo kota yang penuh kenangan buat saya, gimana ga saya lahir disana meskipun dibesarkan di Menado dan Jawa Timur.. Begitu orang tua saya pensiun pun mereka memilih pindah dan menetap di Solo membuat saya mengalami masa remaja di Solo.. Ketemu suami pun di Solo, menikah pun di Solo dan sempet tinggal di Solo selama 4 tahun sama suami.. Jadi sebenarnya banyak kuliner Solo yang bisa saya share apalagi kita sekeluarga doyan makan xixi, tapi sementara ini aku post yang sempet aku kunjungi kemarin dulu ya.. 

Sego Liwet
Ngomongin Solo kalo ga ngomongin sego liwetnya kayak sop ga pake garam.. Pulang ke Solo ga nyempetin makan sego liwetnya kayak ada yang kurang gitu.. Sego liwet itu mirip sama nasi uduk yang rasanya gurih-gurih nikmat yang disajikan diatas pincukan daun pisang, biasanya dimakan sama sayur jepan atau labu siam trus dikasih suwiran ayam sama di kasih areh (ini nih yang bikin tambah gurih.. semacam saus gurih dari santan kental) lalu bisa dikasih lauhan/lauk.. Lauhan favoritku tim kuning telor.. enaaaak banget.. 
Banyak sekali warung sego liwet di Solo, tinggal pilih saja.. Ada sego liwet Yu Sani (konsepnya kaki lima tapi antriii nyaaaa) lokasinya di daerah Solo Baru deket carrefour yang banyak banget berderet warung tenda cari aja sego liwet Yu Sani paling pojok.. 
Ada lagi sego liwet Bu Wongso Lemu cuma memang ini rada mahal dibanding warung sego liwet lain.. cuma katanya agak manis.. Bukan tempat favoritku..
Favoritku makan sego liwet tu di daerah Solo Baru juga maklum deket sama rumah orang tuaku, namanya sego liwet Mbak Giyem.. Lokasinya di deretan warung-warung makan di Solo Baru barengan sama Yu Sani cuma ini lebih deket ke Carrefour nya deket apotik apa ya namanya lupa.. maaaap.. Pokoknya puterin aja tu kawasan kuliner Solo Baru di kiri kanan jalan pasti ketemu, atau tanya tukang parkir pasti ngerti.. Selain jual sego liwet, mbak Giyem juga jual asem-asem ceker yang nikmat buanget buat dibrakotin.. Apa ya bahasa Indonesianya di brakotin wkwk..



Harga sego liwet rata-rata masih pas dikantong, antara 7000 - 10000 rupiah.. yang membedakan nya ada pada pilihan lauk nya.. kalo kita pilih daging-dagingan ya bisa lebih mahal lagi.. Monggo mampir kalo ke Solo 

Sate Buntel
Sate buntel tu sate kambing yang dibuntel alias dibungkus dengan lemak kambing trus dibakar.. Rasanya lebih nikmat dari sate kambing biasa.. Buat penggemar kambing ini salah satu kuliner wajib kalo lagi berkunjung ke Solo.. Banyak tempat enak buat menikmati kuliner ini, sate Tambak Segaran dideket pasar legi ini favorit bapak saya.. warung ini cukup legendaris karena sudah lama banget dan memang nikmat banget.. Seingat saya harganya agak mahal.. 
Ada lagi sate mbok Galak jl Ki Mangun Sarkoro daerah Sumber, Solo.. Dilihat dari namanya cukup nakutin ya xixi tapi sebenernya penjualnya ga galak-galak amat cuma kurang senyum xixi.. Yang ini favorit pejabat-pejabat sama artis-artis, denger-denger almarhum mantan presiden Soeharto juga suka pesen disini buat di bawa ke Ndalem Kalitan.. Sudah pernah sih makan disana rasanya memang enak, harganya juga agak mahal tapi lebih mahalan sate Tambak Segaran..
Tempat favorit saya untuk menikmati sate buntel ini di warung Mas Mario.. dulu letaknya di depan RS Kustati trus pindah lokasi di belakang PGS (Pusat Grosir Solo).. Warungnya sih sederhana tapi kalo datang lebih dari jam 9 bisa-bisa udah habis habisan.. Menu favorit saya disitu ya sate buntel sama sate masak alias tongseng.. Tusukannya sudah dihilangin jadi agak memudahkan para wanita memakannya ya.. ga takut-takut mukanya belepotan bumbu sate xixi..


Kalo anda mencari rasa sate buntel yang otentik datanglah ke sate Tambak Segaran, kalo pengen rasa enak perut kenyang dompet aman ya datanglah ke sate Mas Mario ini..

Resto Wedangan Lotus Biru
Wedangan ga asing lagi buat pecinta kuliner kota Solo, biasanya penjualnya pake gerobak dan yang beli bisa duduk lesehan atau memilih makan di gerobaknya.. Tapi di Lotus Biru wedangan ditampilkan dalam bentuk yang lebih nyaman dengan konsep resto.. Menu yang diusung juga bukan cuma wedang saja, ada sup matahari yang biasa ada di pesta-pesta pernikahan orang solo, ada nasi bakar, nasi timbel, ada galantine, dan tentu saja macam-macam wedang.. Wedang kacang, dongo dan favorit saya wedang asle yang isinya ada roti tawarnya.. Untuk harga nya lumayan lah makanan harganya sekitar belasan, wedang harganya dibawah 10ribu..
Lokasi nya masih di kawasan kuliner Solo Baru yang deket carrefour, di deket kantor radio SAS FM..
Beberapa pesanan ku kemarin..


SUP MATAHARI


LUMPIA SEMARANG


NASI BAKAR (Balado terong, Ayam Rica, Jambal)


WEDANG ASLE


Bubur Menado, Manahan
Oke yang satu ini curang dikit.. Bukan makanan asli Solo tapi karena aku besar di Menado rasa kangen makan bubur Menado alias Tinutuan tu selalu ada.. Kebetulan di Purwokerto ga ada yang jual jadi setiap pulang Solo pasti selalu nyempetin beli bubur Menado..
Terletak di jl KS Tubun Manahan Solo, tepatnya didekat kantor polres Solo.. disitu ada kawasan kuliner persis depan ruko-ruko.. Tulisan warungnya cuma jual bubur Menado gitu doang xixi harganya pun relatif murah.. Aku selalu pesen separuh porsi karena porsinya banyak banget..



Segini dulu ya laporan jalan-jalan kuliner pas liburan kemarin, ga banyak karena pas udah masuk waktu puasa kami sekeluarga memilih makan dirumah menikmati masakan eyang daripada harus jajan diluar.. Kapan-kapan aku update lagi..
Selamat berkuliner ria... 

No comments:

Post a Comment