Tuesday, June 10, 2014

Fu yung Hai

Fu yung Hai merupakan Chinesse Food yang berbahan dasar telor.. Bisa dicampur dengan sayuran seperti kol dan seafood seperti daging kepiting, bisa juga dicampur dengan daging ayam.. Pada dasarnya bahan-bahan protein yang ada dikulkas bisa dipake xixi tapi aku senengnya ya cuma perpaduan daging kepiting sama ayam.. Udang juga bisa menambah sedapnya masakan ini tapi suami alergi udang jadi aku skip aja..

Biasanya Fu yung Hai atau Fu yong Hai disajikan dengan saus asam manis pake kacang polong atau bisa pake potongan nanas.. Telor yang kaya rasa dicampur dengan rasa asam dari saus tomat membuat rasanya jadi balance, ga bikin eneg..

Sebagai penggemar berat telur (waktu SD sehari bisa habis 3 telor dadar cocol sambel buat cemilan) Fu yung Hai termasuk masakan favoritku.. Karena ga pedes dedek pun bisa ikutan menikmati Fu yung Hai nya.. Kali ini aku pake daging kornet sama ayam karena adanya itu sih xixi.. Rasanya ga kalah ciamik kok kalo dibanding pake daging sapi cincang..

 
Bahan-Bahan :
Telor ayam 4 butir, dikocok
Kornet 1 sachet
Dada ayam 1, cincang
Bawang bombay 1, iris-iris
Bawang putih 2 siung, cincang
Kol secukupnya, iris tipis-tipis
Minyak wijen setengah sendok teh
Garam dan Merica secukupnya
Saus tomat 5 sdm
Gula pasir secukupnya
Saus tiram setengah sendok makan
Tepung sagu
Air

Cara Pembuatan :
Panaskan minyak dicampur mentega 1 sdm, Tumis setengah buah irisan bawang bombay dan 1 siung cincangan bawang putih hingga harum..
Masukkan cincangan ayam, kornet aduk-aduk.. Lalu masukkan irisan kol masak sampe layu.. Bumbui sedikit garam dan merica.. Angkat dan dinginkan

Pada kocokan telor ayam, masukkan garam secukupnya kurang lebih 1 sdt.. Lalu masukkan merica secukupnya, dan minyak wijen.. Campur rata.. Masukkan 2 sdm tepung sagu lalu aduk sampai halus dan rata.. Terakhir masukkan tumisan daging tadi kedalam kocokan telor..

Panaskan minyak yang banyak, lalu goreng campuran telor tadi hingga kecoklatan.. Angkat dan sajikan di piring..

Cara Membuat Saus :
Panaskan minyak dan 1 sdm mentega, Tumis setengah buah irisan bawang bombay dan 1 siung bawang putih cincang sampai harum.. Masukkan saos tomat dan saos tiram.. Masukkan air kurang lebih 200ml masak hingga mendidih.. Bumbui dengan garam, gula dan merica.. Cicipi kalo sudah enak, masukkan larutan sagu (2 sdm makan tepung sagu campur dengan air secukupnya)..
Tuang larutan sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk.. Jika dikira kekentalannya sudah cukup tidak perlu dihabiskan larutannya.. Aduk-aduk, angkat sajikan dengan cara dituang diatas gorengan telor tadi..

Gampang kaaaan.. Selamat memasaaak..




No comments:

Post a Comment