Tuesday, June 10, 2014

Asem Asem Daging

Tiba-tiba pengen makan asem asem daging, menu wajib andalan ibu yang pasti ada di lebaran hari kedua.. Pernah sekali aja menu ini ditiadakan, maksud hati supaya ada variasi nya ga monoton itu-itu aja.. ternyata malah banyak saudara yang protes xixi.. Mungkin karena habis makan yang berlemak-lemak kayak opor sama sambel goreng pas lebaran pertama jadi pada seneng makan yang seger-seger pedes kayak asem-asem daging..  

Ini dia penampakannya..

Bahan :
Tetelan sapi 3/4 kg
Cabai hijau besar
Cabai merah besar 5 buah
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
Daun salam 3 lembar
Laos 2 ruas, digeprek
Kecap manis ABC 
Tomat hijau 3 buah
Gula jawa
Garam

Cara Pembuatan :
Rebus daging sapi sampe empuk.. Aku pake tetelan sapi 3/4 kg.. Kalo udah empuk, angkat tiriskan dan potong kecil-kecil..

Iris-iris 6 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, Cabai hijau besar (aku pake cukup banyak), Cabai merah besar (5 buah).. 

Tumis irisan bawang merah dan putih sampe berbau harum.. Masukkan cabai merah dan cabai hijau, laos dan daun salam..

Masukkan potongan daging, tambahkan kecap manis ABC (bukan promosi tapi menurut Ibuku yang sudah pernah nyoba dengan berbagai merk.. ABC yang paling pas).. Aku pake cukup banyak sampe kecoklatan kurang lebih separo botol kecap ukuran sedang.. Maaf lupa ngukur pake sendok makan.. Asal cemplung-cemplung aja.. aduk-aduk sampe tercampur rata..

Masukkan tumisan ke dalam kuah kaldu bekas ngerebus daging tadi.. Kuah kaldunya jangan banyak-banyak yang penting bisa ngerendem dagingnya.. Aduk-aduk sampe mendidih.. tambahkan garam dan gula jawa secukupnya.. cicipi rasanya kalo sudah manis-manis pedes masukkan tomat hijau yang dipotong-potong biar tambah seger.. Lalu masak pake api kecil agak lama biar merasuk.. 

Seperti kebanyakan masakan jawa semakin sering dipanasi semakin enaaaak.. Biasanya kalo bikin pagi, di makan baru malam nya supaya lebih mak nyuss.. Monggo dicobaaaa

No comments:

Post a Comment