Saturday, April 12, 2014

Cumi Hitam ala Ebok

2 minggu yang lalu waktu berkunjung ke rumah Bapak Ibu mertua di Semarang kebetulan salah satu menu masakan nya Ibu ya si cumi hitam manis ini he he.. meskipun bukan pertama kalinya dimasakin cumi hitam ini tapi percaya atau tidak belum sekali pun kucoba memakannya.. Mungkin karena warna hitam legamnya membuatku mengurungkan niat memakannya..
Kalau ada yang bertanya-tanya ebok itu apa, ebok itu artinya ibu.. Kebetulan ibu mertua menikah sama bapak yang asalnya dari Madura jadi ya dari sini lah asal kata ebok itu tadi xixi
Kali ini Ibu menyuruhku memasak cumi hitam ini tentu saja dengan berbagai instruksi dari nya, ternyata memasak cumi ala ebok ga disangka guampang buanget bahan nya pun simple.. Pada saat memasak itulah timbul keinginan mencoba memakan ni cumi karena baunyaaaa harum legiiiit pisan.. Daaaaan setelah kucoba makaaaaa eng ing eng gaaa bisa brenti makan wkwk pengennya nambah nasi terus.. Mana nasinya masih kebul-kebul disiram sama si Cumi Hitam manis ini amboyyy sedapnyaaaa..
Buat yang belum pernah nyobain masak cumi setinta-tintanya, anda harus coba siapa tau jadi ketagihan kayak saya xixi.. Sekarang setelah balik kandang saatnya praktek bikin cumi hitam ini lagi..
Ini dia hasil praktek saya, yang kata suami enaaaak alhamdulillaaaaah..

Cara memasaknya gampang banget.. Pilih cumi-cumi yang ukurannya kecil, supaya lebih merasuk.. Kalo ke gede an kurang sedap.. Pertama cuci cumi dengan hati-hati supaya tidak memecahkan tinta cumi-cumi, cukup guyur dengan air mengalir saja.. Kemudian rebus cumi-cumi, usahakan cumi-cumi terendam air sambil diberi garam dan merica secukupnya (tadi untuk seperempat kilo cumi garam yang saya masukkan kurang lebih satu setengah sendok teh).. Rebus sampe cumi-cumi lunak sekitar setengah jam an.. Lalu matikan.. Saat ini kuah yang merendam cumi-cumi sudah berwarna hitam legam..

Kalau sudah mau dimakan, baru panasi rebusan cumi-cuminya, kemudian tuang saus tiram secukupnya (tadi sepertinya aku pake kurang lebih 2 sdm) aduk-aduk sampe kuah mengental.. Setelah kuah mengental tuang 3 sdm minyak goreng kedalamnya lalu aduk-aduk sampe mendidih.. Cicipi kalo kurang legit atau gurih ya tambahkan saus tiramnya.. Lalu angkat dan sajikan panas-panas..
Selamat mencobaaa yaaaaaa...

No comments:

Post a Comment