Sunday, May 10, 2015

Apple Fritters aka Gorengan Apel


Sore sore memang paling enak kalo ada yang dikunyah sambil nyruput kopi susu panas.. Mumpung lagi weekend si dedek banyak temennya jadi ga ngrusuhin ibunya didapur, jadinya emang udah diniatin bikin apple fritter dari pagi.. Bahan bahan nya kebetulan banyak yang habis kayak tepung, gula halus, susu sama apelnya, langsung deh cuuus ke minimart terdekat.. 

Buat yang masih awam dengan kata fritters, sebenernya fritters itu kalo di Indonesia dikenal dengan panganan gorengan kayak bakwan, tempe goreng, pisang goreng.. Biasanya adonan fritters kalo di US terdiri dari bahan utama susu, tepung, telur yang kemudian di deep fried (digoreng dalam minyak panas yang banyak).. Adonannya pun bisa dikombinasikan macam macam tergantung mau bikin fritters yang sweet atau savory..

Kali ini mau bikin apple fritters ala ala Laura Vitale di www.laurainthekitchen.com yang memadukan rasa manis dari apel dan legitnya kayu manis.. Kapan kapan mau nyoba banana fritters ala chef Michael yang memadukan pisang dengan nutmeg (pala).. Resep dimodifikasi sesuai bahan yang aku punya ya dan tentunya selera lidah saya, vanila ekstrak sengaja diskip karena ga punya.. kayaknya kudu jadi wishlist no 1 nih vanilla ekstrak buat grocery bulan depan..

Jenis apel yang dipakai adalah apel fuji, karena lebih manis dan crunchy dari apel merah washington atau apel manalagi.. Sedangkan tepung yang dipakai disini tepung terigu yang biasa untuk dipakai membuat kue dan pancake, supaya fritters nya jadi ga bantat, saya gunakan terigu kunci biru dari bogasari..

Bahan-bahan kering :
1 1/2 cup tepung terigu kunci biru
2/3 cup gula pasir
1/2 sdt kayu manis bubuk
2 sdt baking powder
Sejumput garam

Bahan diatas dicampur jadi satu hingga rata



Bahan-bahan basah :
Telor 1 buah
2/3 cup susu
2 sdm mentega yang dilelehkan terlebih dulu
1 sdt ekstrak vanila, ini aku skip
Bahan diatas diaduk rata..



Campur bahan kering dan cair dan jangan lupa masukkan potongan apel fuji aduk aduk hingga menjadi adonan yang kental..


Dengan bantuan sendok, goreng adonan sesendok demi sesendok dalam minyak panas yang banyak.. goreng hingga kecoklatan.. sajikan dengan taburan gula halus..


Teman minum kopi yang pas banget, cuma sayang udah keburu diabisin sama the krucils.. si dedek seneng banget sama gula halusnya katanya kayak salju xixi efek kebanyakan nonton frozen.. Besok pada request bikinin lagi, hayok aja kebetulan apel fujinya masih.. Lumayan kalo begini kan buah juga kemakan, bukan snack abal abal yang ga ada gizinya..  Hepi cooking bu ibuuu..

No comments:

Post a Comment