Friday, March 6, 2015

Oseng Pindang Tongkol Kecap Pedasss

Seminggu yang lalu ibu saya datang ke Purwokerto nengokin cucu cucunya yang udah hampir sebulan lebih ga ditengokin.. Seperti biasanya kalo ada ibu pasti subuh subuh saya sudah digeret diajakin ke pasar, padahal pasar deket rumah penjual penjualnya pada males semua, jam 6 pagi aja bakul seafood sama daging belon dateng.. Biasanya ibu suka kalap segala macem dibeli trus ditumpuk deh dikulkas, takut kali kalo cucu cucunya kelaparan wkwk..

Nah termasuk pindang tongkol ini, sudah nangkring seminggu dikulkas dan belom diapa apain karena saya termasuk emak pemalas kalo disuruh goreng ikan.. xixi.. Tapi karena hari ini saya ga sempet ke pasar dan mamang sayur terlanjur lewat pas nganter kakak sekolah, maka opsi masakan saya cuma dua.. ayam fillet dan pindang tongkol ini.. Berhubung kemarin baru aja bikin balado ayam ya sudah lah akhirnya diolah lah si pindang tongkol ini.. Disantap pake kerupuk saja alhamdulillah pada nambah makannya..

Untuk pemakaian pindang tongkol bisa diganti dengan tongkol segar, dan jangan lupa berhati hati dengan pemakaian garam jika memakai pindang tongkol karena sudah asin..



Bahan :
Pindang tongkol, dipotong-potong kecil duri dibuang
Bawang merah 5 siung, iris iris
Bawang putih 3 siung, iris iris
Cabe merah besar 3, iris serong
Cabe rawit utuh
Serai 1, digeprek
Daun salam 2 lembar
Laos 1 cm, digeprek
Air asam jawa 2 sdm, dari asam jawa yang direndam air panas
Kecap manis 3 sdm
Gula merah, secukupnya
Garam, secukupnya 
Air 200 ml

Cara :
Goreng pindang tongkol sampai matang, sisihkan
Tumis bawang merah dan putih sampe harum..
Masukkan cabe merah, serai, daun salam dan laos aduk aduk..
Tuang kecap, gula merah dan air asam jawa.. beri garam lalu masukkan ikan yang sudah digoreng tadi.. aduk rata lalu tuang air.. masak hingga meresap jangan lupa koreksi rasa.. setelah enak masukkan cabe rawit, sajikan dengan nasi panas dan kerupuk.. hmmm..

Untuk menambah rasa segar bisa dimasukkan potongan tomat waktu memasak tadi, cuma saya skip saja lha wong ga punya tomat hehe..
Monggo dicoba..




No comments:

Post a Comment