Thursday, August 27, 2015

Nasi Goreng Terasi Ebok

Kamu mesti nyoba nih dek, kata si ayah bertahun tahun yang lalu sambil mendorong sendok berisi nasi goreng bikinan ebok ibu mertuaku ke mulutku.. Liburan ke rumah mertua di Semarang, menu sarapannya kalo ga pecel bantal di deket rumah ebok ya nasi goreng terasi home made andalan ebok ini.. Meski sama sama berlabel nasi goreng terasi, ternyata bikinan ebok mertua ku ini terlihat sangat berbeda dengan bikinan ibuku sendiri.. Nasi goreng terasi bikinan ibuku masih berwarna agak putih, sementara nasi goreng terasi ebok cenderung berwarna merah.. 

Setelah ku lahap sendok yang disorongkan si aa' tadi, langsung megap megap nyari air putih karena pedesnya itu lho nendaaang banget.. Kapok?? Ga tuh karena rasa pedesnya itu yang nagih dan manggil manggil buat makan lagi dan lagi.. Alhasil se ceting nasi itu jadi rebutan sama kita wkwk.. 


Lalu lebih enak yang mana kah.. Sebenarnya kalo dalam segi rasa nasgor terasi ibu dan ebok itu cukup beda jauh, ibuku lebih suka memakai bawang putih saja buat nasi gorengnya seperti kebanyakan nasi goreng asian style sementara ebok (ibu mertuaku) hanya memakai bawang merah.. Kalo ditanya enak yang mana, yang pasti aku akan menjawab punya ibuku dan suami pun akan menjawab enak punya eboknya.. Bukan karena rasa loyalitas dan ego kami yang begitu tinggi sehingga mengalahkan rasionalitas indra pengecap kami, hanya saja bukankah makanan itu bukan hanya sekedar pengenyang perut dan pemuas lidah.. Makanan itu memori, kenangan, bahkan masakan rumahan bikinan ibu kita tercinta lezatnya bisa mengalahkan masakan buatan chef terkenal sekalipun..

Langsung aja ke resep nasgor ebok ya, kalo yang ga doyan pedes dijamin ga bakal suka nasgor ini.. karena rasanya seperti nasi diublek sambel balado trus digoreng.. Untuk campurannya suka suka ya, mau ditambah udang ya oke mau dicemplung suwiran ayam goreng juga oke aja.. Sayang dikulkas kok ya cuma ada telor ayam wkwk..

Bumbu halus :
Bawang merah 4 siung, haluskan
Cabai merah 10 buah, haluskan
Cabai rawit merah 7 buah, haluskan
Tomat merah besar 1/2 buah, diiris2
Terasi yang sudah digoreng dulu, 1sdt
Garam, merica

Cara :
Panaskan minyak, tambah sedikit mentega tunggu sampai meleleh lalu masukkan bawang merah halus sampai wangi, masukkan cabai merah dan rawit halus aduk2, masukkan terasi aduk sampe rata, tomat iris masak sampai sedikit hancur..
Masak hingga matang tandanya biasanya sambalnya berwarna merah tua dan rasanya tidak langu lagi..
Matikan api masukkan nasi aduk sampai rata baru nyalakan api.. tambahkan garam dan merica aduk rata cicipi angkat dan sajikan..

Kapan kapan ak share resep nasgor terasi ibuku ya..
Happy cooking..

No comments:

Post a Comment